Breaking News
Loading...
Selasa, 07 Oktober 2014

Baju Kebaya

Baju kebaya – Artikel kali ini ModelBajuKebaya angkat agar pembaca lebih mengenal tentang kekayaan khasanah pengetahuan pembca tentang baju kebaya. Berbicara tantang baju kebaya, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang baju kebaya. Mulai dari sejarah baju kebaya, berbagai model baju kebaya, jenis-jenis baju kebaya, samapi dengan ciri khas yang dimiliki oleh baju kebaya tiap-tiap daerah di Indonesia. Karena antara daerah yang satu dan lainnya memiliki perbedaan pada corak baju kebaya yang dihasilkan. Berikut akan saya paparkan mengenai ciri khas dari baju kebaya di setiap daerah.

Ciri khas kebaya Jawa Tengah 
Kebaya Jawa Tengah memiliki ciri yang dapat dibedakan pada status pemakainya. Hal ini terinspirasi dari adat dan kebiasaan pemakaian kebaya di keraton Jogja. Untuk seorang permaisuri, kebaya yang dipakai ialah kebaya yang bagus. Baik dari segi mode ataupun motif dan warnanya. Biasanya kebaya ini terbuat dari bahan kain sutra atau kain beludru. Kain ini memiliki sifat yang halus sehingga cocok dipakai oleh seorang permaisuri keraton. Berbeda lagi jika yang memakai adalah seorang putri. Pemakaian kebaya juga memperhatikan usia. Sehingga motif yang dipakai oleh para putri ini berlengan pendek dengan hiasan secukupnya. Sedangkan untuk selir, kebaya yang digunakan ialah berbentuk kebaya gulon yaitu kebaya berkerah. Sampai pada tingkatan perempuan di bawahnya. Semua terlihat jelas perbedaan status sosial dalam keraton tersebut. 

Baju Kebaya
Baju Kebaya

kebaya Jawa
Baju Kebaya Jawa Tengah 


Ciri khas kebaya DKI Jakarta
Pada umumnya kebaya DKI Jakarta memiliki warna yang cerah dan berwarna warni bagian atasnya. Sedangkan pada bagian bawah memakai kain sarung atau batik dan memakai selendang. Selendang tersebut biasanya di pakai untuk kerudung, bukan untuk di selempangkan di bahu. Bagi anda yang pernah melihat acara abang none Jakarta, ya begitulah kurang lebihnya model dan ciri khas kebaya DKI Jakarta. Kebaya DKI ini banyak dipengaruhi oleh budaya dari China yang disebut kebaya Encim. Dulunya kebaya ini dipakai oleh peranakan Cina. Hiasan yang paling terlihat yaitu di bagian depan terdapat sulaman dari bagian leher memanjang sampai bagian bawah.

Baju Kebaya
Baju Kebaya

kebaya DKI Jakarta
Baju Kebaya DKI Jakarta


Ciri dari kebaya khas yang ada di tiap-tiap daerah bertujuan untuk menunjukkan kreativitas dan mempertahankan eksistensi kebaya masing-masing daerah. Demikian artikel tentang baju kebaya.

Silahkan baca juga artikel kami sebelumnya tentang Baju Kebaya Gamis Modern.


0 komentar:

Posting Komentar