Breaking News
Loading...
Selasa, 07 Oktober 2014

Baju Kebaya Betawi

Baju Kebaya Betawi – Jakarta sebagai Ibukota, memiliki kekayaan budaya termasuk pakaian, nah kali ini ModelBajuKebaya mengangkat tema Baju Kebaya Betawi. Untuk itu silahkan disimak tulisna selanjutnya ya.


Baju Kebaya Betawi
Baju Kebaya Betawi


Baju memang merupakan salah satu bagian penting dari kehidupan. Terutama baju dengan jenis kebaya. Keberadaannya semakin menambah keragaman adat dan budaya di suatu daerah tertentu. Kebaya memiliki sejarah masing-masing sesuai dengan daerah keberadaannya. Seperti Baju Kebaya Betawi, yang akrab dengan sebutan kebaya Encim. Mengapa disebut demikian? Nah, itu akan kita bahas dalam artikel berikut ini.

Baju Kebaya Betawi
Baju Kebaya Betawi

Kebaya Encim atau baju kebaya betawi merupakan salah satu jenis pakaian adat yang biasa digunakan oleh menantu perempuan di acara pernikahannya. Tentu pernikahan yang dimaksud ialah dengan menggunakan adat Betawi. Tak hanya mempelainya saja, namun di kalangan ibu-ibu pun juga memakainya dalam acara baik formal maupun non formal. Keberagaman latar belakang masyarakat di Jakarta juga turut mewarnai sejarah adanya kebaya encim. Kebaya ini pada awalnya hanya dipakai oleh golongan masyarakat dengan ekonomi menengah ke atas. Sehingga masyarakat dengan kondisi ekonomi di bawahnya tidak mampu membeli dan memakain pakaian tersebut. Sebagian dari penduduk Jakarta berasal dari etnis Tionghoa. Mereka pun juga tak kalah mode dalam berbusana. Dengan dalih ingin diterima sebagai penduduk asli Betawi, warga Tionghoa juga memakai kebaya betawi atau kebaya Encim. Dengan harga yang tinggi ini, justru orang-orang Tionghoa-lah yang banyak memakainya, karena secara ekonomi mereka lebih maju dari pada penduduk asli Betawi. Dan karena banyak diantara mereka yang memakai, maka muncullah istilah kebaya Encim. Bahkan akhir-akhir ini, kemendikbud mengeluarkan peraturan yang mewajibkan para pelajar untuk memakai kebaya encim di sekolah. Namun peraturan ini menimbulkan kontroversi dan bahkan sebagian besar pelajar menolak aturan ini, dikarenakan harga kebaya yang relatif mahal dan pemakaiannya pun dirasa rumit bagi kalangan pelajar.

Kebaya Betawi
Baju Kebaya Betawi

Kebaya Betawi
Baju Kebaya Betawi


Desain kebaya ini memiliki ciri dan karakteristik tertentu yang membedakan mana kebaya Betawi dan mana yang bukan. Ciri-cirinya, biasanya bagian bawah dari kebaya ini berujung runcing. Panjangnya kira-kita sampai ke panggul dan bagian pinggangnya melebar dan menyempit di bagian panggul. Kebaya Encim terbuat dari beberapa jenis bahan. Diantaranya ialah kebaya renda, kebaya brokat, kebaya bordir dan kebaya kerancang. Demikian artikel tentang Baju Kebaya Betawi.

Silahkan baca juga artikel kami sebelumnya tentang Baju Kebaya Wisuda.


0 komentar:

Posting Komentar