Breaking News
Loading...
Senin, 06 Oktober 2014

Asal Usul Baju Kebaya Nyonya

Asal usul baju kebaya nyonya – Pembaca budiman, kali ini ModelBajuKebaya mengangkat artikel tentang awal mula Kebaya Nyonya. Berbicara tentang asal usul kebaya nyonya, kita perlu mengkaji lebih dalam sejarah tentang baju kebaya ini. baju kebaya yang kita kenal sebagai baju tradisional masyarakat ini memiliki sejarah dari nenek moyang kita sebelumnya. Orang pada zaman dahulu mengenal baju kebaya dari berbagai negara. Pada mulanya kebaya yang diduga berasal dari pedagang Arab yang singgah ke Indonesia untuk melakukan transaksi perdagangan sambil menjalankan misi penyebaran agama Islam. 

Baju Kebaya Nyonya
Asal Usul Baju Kebaya Nyonya

Sebelum abad ke-16 kebaya banyak dipakai oleh perempuan bangsawan. Pada saat itu perempun Eropa yang telah mengalami kemajuan dalam berbagai aspek juga menggunakan baju kebaya. Seiring dengan perkembangan zaman, kebaya yangmulanya hanya dibuat dari bahan kain mori yang diberi warna kini telah mengalamikemajuan. Kebaya tidak hanya berasal dari kain mori, namun juga dibuat dari kain tenun dan sutera. Kain ini diciptakan pertama oleh perempuan perempuan peranakan dari Malaka yang disebut dengan baju kebaya nyonya. Setelah melewati proses akulturasi budaya, akhirnya perempuan Indonesiapun mulai menggunakan pakaian ini. Namun, karena faktor ekonomi baju kebaya ini hanya dapat dipakai oleh perempuan bangsawan saja. Baru setelah memasuki abad ke-19, baju kebaya ini telah umum dipakai oleh semua perempuan di Indonesia, tanpa memandang kelas sosial mereka di masyarakat. 

Asal Usul Baju Kebaya Nyonya
Asal Usul Baju Kebaya Nyonya

Selain Indonesia, perempuan di negara Malaysiapun juga menggunakan baju kebaya ini, hanya saja dengan motif yang sedikit berbeda dengan kebaya Indonesia. Pada intinya baju kebaya adalah baju atasan dengan bawahan kain sarung, kain jarik dengan motif batik. Dengan pakaian ini perempuan akan terlihat anggun karena tidak akan bertingkah ketika menggunakan bawahan sempit. Hal ni menjadi daya tarik tersendiri dari baju kebaya yang dirasa memiliki arti secara filosofis. Filosof mengatakan bahwa baju kebaya dapat memancarkan kecantikan dari dalam (inner beauty) dari seorang wanita. Kini, baju kebaya nyonya mengalami kemajuan dalam modenya. Banyak desainer yang berusaha memodifikasi baju kebaya ini dengan pakaian modern lain seperti rok, dan jeans. Demikian artikel tentang asal usul baju kebaya nyonya.
Silahkan dibaca juga tulisan tentanga Arti MimpiPake Baju Kebaya.


0 komentar:

Posting Komentar