Breaking News
Loading...
Minggu, 05 Oktober 2014

Baju Kebaya Adat Bali

Baju kebaya adat Bali - Baju kebaya tradisional memang menjadi acuan setiap perkembangan kreatifiatas para desainer dunia fashion, nah kali ini ModelBajuKebaya akan menceritakan tentang baju kebaya menurut adat bali. Ini tentu dalam benak kita langsung teringat dengan pulau Bali yang terkenal elok berbagai tempat wisatanya. Banyak para pengunjung yang berasal dari wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. 

Baju Kebaya Bali
Baju Kebaya Adat Bali


Berbicara tentang baju kebaya adat Bali tentunya juga sudah sangat populer dikarenakan  baju kebaya adat Bali sudah menjadi pakaian yang selalu dikenakan oleh masyarakat Bali saat ada acara atau upacara tertentu. Jika anda perhatikan, secara bentuk baju kebaya adat Bali ini memiliki perbedaan, baik model serta motif yang tentu berbeda. 

Baju Kebaya Adat Bali
Baju Kebaya Adat Bali

Baju kebaya adat Bali sudah menjadi semacam pakaian adat Bali, dimana setiap ada kegiatan adat, masyarakat Bali selalu menggunakan baju kebaya. Meskipun demikian baju kebaya adat Bali ini juga bisa dikenakan oleh siapa saja dan dimana saja. Sebagai contoh, bisa anda gunakan untuk acara wisuda, pesta, pernikahan dan acara-acara lain. 

Baju Kebaya Adat Bali
Baju Kebaya Adat Bali

Untuk baju kebaya adat Bali sendiri ini juga  terdiri atas kebaya, kamen, bulang pasang, selendang, sanggul, dan bunga yang dipasang di bagian rambutnya sebagai penghias :


Kebaya : Untuk pemilihan baju kebaya adat Bali ini dimaksudkan untuk menonjolkan keanggunan dan kecantikan para wanita Bali. Sebagai prinsipnya baju kebaya yang digunakan haruslah bersih, rapi, juga sopan.

Kamen : Adalah kain yang berukuran lebar yang fungsinya untuk menutupi tubuh bagian bawah. Untuk penggunaan kamen sendiri dipasangkan dengan cara melingkar dari kiri ke kanan pada bagian pinggang  dengan ukuran tinggi kurang lebih satu telapak tangan. Maksudnya untuk mempermudah bagi para penggunanya untuk melangkahkan kakinya atau memudahkannya saat berjalan.

Selendang : Penggunaan selendang sebagai simbol sakti dan diletakkan diluar atau tidak tertutup oleh baju. Hal ini dimaksudkan agar selalu siap membenahi atau mengarahkan  putra-putrinya jika  melenceng dari ajarannya.

Bulang Pasang : adalah selendang yang bentuknya panjang yang dililitkan dibagian pinggang yang mana berfungsi sebagai lambang penjaga rahim serta mengendalikan segala hal yang bersifat buruk.

Sanggul : yakni menggambarkan penataan rambut dengan gaya dan bentuk tertentu yang memberikan ciri khas pada seseorang di suatu daerah tertentu. Selain itu sanggul ini juga ada beragam macamnya, diantaranya : Pusung Gonjer diperuntukkan bagi wanita yang masih lajang yakni belum menikah. Pusung Tagel untuk wanita yang sudah menikah. Sedangkan pusung Podgala dipakai oleh wanita yang menyandang status janda.

Bunga : Bunga yang biasa dipakai yakni bunga cempaka putih, cempaka kuning, serta bunga kamboja yang dipasangkankan pada bagian telinga. Sehingga selain memberikan kesan keindahan, penggunaan bunga juga memiliki maksud dan tujuan tertentu. Demikian ulasan ini tentang baju kebaya adat Bali.

Pembaca yang budiman, silahkan dibaca juga artikel kami sebelumnya tentang Baju Kebaya Aurel ya.


0 komentar:

Posting Komentar