Breaking News
Loading...
Minggu, 05 Oktober 2014

Asal-Usul Baju Kebaya

Asal-usul baju kebaya - Pembaca semua tulisan kali tentang sejarah asal-usul baju kebaya, sebenarnya sudah banyak tulisan ini tersebar di dunia maya. Namun tak ada salahnya ModelBajuKebaya tampilkan lagi, bukan? Untuk silahkan pembaca lanjutkan ya. Baju Kebaya ini memiliki asal usul yang sangat menarik yang perlu anda ketahui. kebaya sendiri bisa kita merupakan busana atasan yang pertama kali dikenakan oleh para wanita Indonesia, terutama perempuan-perempuan dari Jawa. 

Asal-Usul Baju Kebaya
Asal-Usul Baju Kebaya
Pada mulanya, kebaya dipadankan dengan sarung dengan kaus cantik yang bermanik yang disebut dengan kasut manek yang sampai pada akhirnya mengalami perubahan. Mengingat perkembangan zaman  yang selalu berubah-berubah dari masa ke masa, design baju kebaya pada saat itu juga populer sebagai busana para perempuan Belanda yang membutuhkan pakaian yang cocok dengan iklim tropis di Indonesia. Dan untuk model baju kebaya ini juga pernah populer di kalangan perempuan China yang pada akhirnya munculah yang disebut dengan istilah kebaya encim

kebaya encim
Asal-Usul Baju Kebaya
Seiring dengan berjalannya waktu, kini baju kebaya telah menjadi salah satu simbol feminisme, busana khas bagi perempuan yang sampai saat ini  telah menjadi busana nasional dan dengan model baju kebaya yang sudah modern. Meskipun demikian, model design baju kebaya ini juga pernah mengalami kemerosotan status pada masa penjajahan Jepang yang mana baju kebaya pada saat itu telah diasosiasikan sebagai pakain yang dikenakan oleh para penduduk pribumi tahanan dan para pekerja romusa yang perempuan di zaman itu. Apalagi pada zaman pendudukan Jepang, di mana kreativitas juga produktivitas bangsa Indonesia ditekan hingga level yang paling rendah. Jepang di Indonesia memutus jalur perdagangan tekstil lengkap dengan perlengkapan penunjangnya. Sehingga banyak rumah produksi baju kebaya menjadi tutup dan hanya beberapa perusahaan batik saja yang bisa tetap bertahan. Sehingga semua hal yang bersangkutan dengan baju kebaya menjadi sedikit terhapus. 

sejarah Baju Kebaya
Asal-Usul Baju Kebaya

Kemudian para wanita pejuang kemerdekaan yang masih menggunakan baju kebaya kembali berusaha untuk mempopulerkannya kembaki, meski harus bersaing dengan busana Barat yang dianggap lebih memerdekakan perempuan dari simbolisasi kebaya pada masa lalu. Faktanya baju kebaya di zaman dulu memiliki sejarah bahwa baju kebaya merupakan salah satu pakaian tradisional yang dikenakan para wanita Indonesia yang terbuat dari kain kasa yang biasa dikenakan dengan sarung, kain batik, atau dengan pakaian tradisional lainnya. Kemudian di zaman penjajahan Belanda di Pulau jawa, sebagian wanita Eropa mula mengenakan baju kebaya tersebut sebagai pakaian resmi. Yang mana dalam kesehariannya baju kebaya telah dirubah dari yang hanya menggunakan barang tenunan mori dirubah menggunakan sutera dengan sulaman yang warna-warni.

Asal-Usul Baju Kebaya
Asal-Usul Baju Kebaya

Pakaian yang mirip dengan baju kebaya yang disebut nyonya kebaya pertama kali diciptakan oleh orang-orang peranakan dari Malaka. Sehingga, seiring dengan perkembangan zaman nyonya kebaya ini  mengalami pembaharuan, juga menjadi terkenal di kalangan wanita bukan asia. Terlepas dari baju kebaya tradisional, para ahli fashion dan designer sedang mencari cara untuk melakukan pembaharuan serta memodifikasi desain baju kebaya tersebut agar menjadi pakaian yang lebih modern. Yang mana pada akhirnya baju kebaya itu dapat dipadu padankan dengan celana atau bahkan dengan kain denim jeans lainnya. Demikian ulasan tentang asal-usul baju kebaya. Silahkan baca juga artikel tentang Baju Kebaya Adat Bali.

0 komentar:

Posting Komentar