Breaking News
Loading...
Rabu, 01 Oktober 2014

Baju Kebaya

Baju Kebaya-Siapa tak mengenal baju ini? Baju hasil karya Indonesia yang telah menjadi salah satu karya primadona khususnya untuk kaum wanita dan  pastinya seluruh warga Indonesia mengenalnya. Baju yang merupakan ciri khas negara Indonesia ini membawa nilai nasional dan tradisionalis.

Baju Kebaya
Baju Kebaya

Baiklah kali ini ModelBajuKebaya akan menyajikan tulisan tentang model fashion ini. Baju kebaya merupakan warisan para leluhur yang menjadi hasil sebuah karya unik yang pantas untuk dinobatkan sebagai hak cipta seni dan sudah sepantasnya jika kita sebagai penerus generasi bangsa yang harus melestarikannya.

Baju Kebaya
Baju Kebaya

Baju Kebaya senantiasa diminati oleh semua penjuru negara bahkan mampu menembus mancanegara. Semua ini dikarenakan karakteristik yang anggun dan elegan, dan akan terus berkembang sehingga dapat digunakan di era kapanpun dan berbagai suasana apapun.

Dalam sejarah mulanya baju kebaya merupakan blus tradisionalis yang dikenakan wanita di era abad 15/16 Masehi. Biasanya dibuat dari bahan yang tipis kemudian dipadankan dengan kain batik atau kain rajutan tradisional lain misalnya songket. Konon katanya, kebaya berasal dari  kata “abaya” bahasa Arab yang artinya pakaian dan awalnya dikenalkan oleh Portugis ketika berhijrah ke Asia Tenggara tahun silam.

Sebelum kebaya masuk ke Indonesia, kaum wanita di Indonesia belum  begitu mengenal kain berbahan tenun panjang ini. Pakaian yang mereka gunakan biasanya adalah kain yang bermodel kemben. Kemudian pada saat masuknya kebudayaan Islam di Indonesia, baju kebaya datang serta menggeser pakaian dengan model kemben. Saat itu, baju kebaya yang dibuat masih belum berlekuk sesuai dengan bentuk tubuh,  namun kala itu desain bajunya panjang dilengkapi dengan lengan baju yang juga panjang.

Seiring perkembangan zaman, kebaya banyak diminati oleh seluruh wanita Indonesia dengan beragam desain dan modifikasi yang terus berkembang. sebagai contoh, misalnya baju kebaya yang dipakai wanita keraton menggunakan bahan berkualitas dan warna elegan. Sedangkan untuk masyarakat biasa menggunakan kain kualitas katun kasar dan tradisional.

Meskipun kebaya merupakan modifikasi dari beragam entitas suku dan etnik yang pernah singgah ke Indonesia, namun akan menjadikan kebanggan tersendiri bagi para wanita bila mengenakan kebaya. Sehingga tidak heran bahwa setiap wanita yang mengenakan kebaya adalah cerminan wanita Indonesia. Demikian artikel tentang Baju Kebaya. Oiya, Pembaca yang kami cintai silahkan baca juga artikel tentang Baju Kebaya Modern, semoga bermanfaat. Makasih atas kunjungannya.
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar