Breaking News
Loading...
Selasa, 07 Oktober 2014

Baju Kebaya Bali

Baju kebaya Bali – Kebaya tradisional cukup banyak mempengaruhi keanekaragaman khasanah budaya Indonesia, kali ini ModelBajuKebaya akan menceritak tentang baju kebaya Bali. Kebaya merupakan baju tradisional di Nusantara. Kenapa di sini saya katakana Nusantara, karena hampir setiap daerah di Nusantara memiliki baju kebaya dengan ciri khas masing-masing. Dengan corak, motif, dan hiasan yang berbeda maka, baju kebaya akan lebih mudah dikenali dari mana asalnya. Termasuk baju kebaya Bali. Dengan kondisi sosial, adat, budaya, dan agama yang ada di Bali, maka corak kebayanya pun juga memiliki kreasi tersendiri.

Baju Kebaya Bali
Baju Kebaya Bali Berwarna Purple

Baju Kebaya Bali
Baju Kebaya Bali Berwarna Hijau

Baju Kebaya Bali
Baju Kebaya Bali Berwarna Biru Muda


Pada masa dulu, kebaya tidak dikenal oleh masyarakat Bali. Perempuan bali hanya mengenal semacam kain yang disebut kemben yaitu kain lebar yang dililitkan dari bagian dada sampai bagian perut. Kemudian mulailah mereka mengenal dan memakai baju kebaya. Namun, hanya perempuan di lingkungan puri saja yang memakainya. Berawal dari situ akhirnya masyarakat luas mengenal dan juga ikut memakai kebaya untuk sembahyang. 

Baju Kebaya Bali
Baju Kebaya Bali (kaskus.co.id)


Baju Kebaya Bali
Baju Kebaya Bali (kaskus.co.id)

Secara umum, kebaya Bali memiliki bentuk dan model yang hampir sama dengan kebaya-kebaya daerah lain pada umunya. Yang menjadi ciri khas ialah, kebaya Bali yang biasa digunakan oleh perempuan-perempuan ditambah dengan hiasan selendang yang dililitkan di pinggang. Selendang ini dulunya hanya berbentuk selendang biasa. Namun seiring dengan berkembangnya dunia fashion, selendang ini pun terkadang dibuat menempel pada baju dan ada juga yang terpisah. Tujuannya tak lain ialah untuk mempercantik kebaya yang dipakai. Untuk bawahannya biasanya dipadu dengan batik.

Kebaya Bali menggambarkan kebudayaan Bali karena masyarakat Bali memakainya disetiap acara resmi, kegiatan adat, acara wisuda, dan upacara persembahyangan bagi umat Hindu.

Sebenarnya tidak ada unsur yang kuat pada kebaya Bali, melainkan unsur adat istiadat dan komitmen yang kuat untuk tetap mempertahankan eksistensi kebaya bali. Dengan komitmen untuk menjaga dan melestarikan kebaya Bali, kebaya ini tidak hanya diminati oleh mayarakat lokal saja. Banyak orang luar daerah yang juga tertarik pada keunikan kebaya Bali dan bahkan ingin memilikinya ketika singgah di Pulau Dewata ini. Sehingga dapat memberikan peluang pada produsen untuk memasarkannya. Demikian artikel tentang Baju Kebaya Bali. Silahkan dibaca juga artikel tentang Artis Baju Kebaya.

0 komentar:

Posting Komentar