Breaking News
Loading...
Minggu, 05 Oktober 2014

Asal Usul Baju Kebaya Tradisional

Asal usul baju kebaya tradisional – Pembaca ModelBajuKebaya semua, kali ini kami akan ceritakan tentang asal-usul baju kebaya tradisional. Kebaya merupakan pakaian khas yang banyak dipakai oleh perempuan-perempuan di Indonesia. Masing-masing pulau telah memiliki corak kebaya yang khas untuk membeda-bedakan kebaya daerah satu dengan daerah yang lain. Dengan demikian Indonesia semakin kaya dengan ragam kebaya sebagai busana tradisionalnya. Namun dibalik keragaman tersebut, sebenarnya kebaya memiliki asal usul yang sama. Untuk mengetahui selengkapnya, simak asal usul baju kebaya tradisional berikut ini. 

Baju Kebaya Tradisional
Asal Usul Baju Kebaya Tradisional

Pada abad ke-15 Masehi, perempuan-perempuan Indonesia khususnya di Pulau Jawa memakai baju kebaya ini di acara-acara resmi yang kebanyakan dari kalangan bangsawan kerajaan. Pakaian ini dianggap lebih sopan karena pada saat itu tak sedikit kaum perempuan yang masih menggunakan kemben yaitu semacam kain yang dililitkan pada tubuh bagian atas atau di dada sampai ke bawah. Kemudian dililitkan lagi dari perut sampai ke kaki, sehingga dada kelihatan terbuka. Dengan baju kebaya ini tubuh bagian depan dapat tertutup sehingga tidak menampakkan bagian dada. Perkembangan kebaya juga disebabkan salah satunya karena adanya pergeseran budaya setelah kedatangan Islam. Bertambahnya wawasan masyarakat tentang Islam pada saat itu, yang mengharuskan perempuan berpakaian sopan dan tertutup telah membuka pikiran mereka untuk berpakaian tertutup. 
Asal Usul Baju Kebaya Tradisional
Asal Usul Baju Kebaya Tradisional

Kemudian pada abad ke-19, jenis pakaian yang disebut dengan kebaya ini dipakai oleh semua kelas sosial, tidak memandang itu  perempuan dari golongan bangsawan atau bukan. Mereka menggunakan kebaya setiap hari tidak hanya di acara-acara resmi. Bagi perempuan Belanda yang berada di Indonesia, mereka pun sempat diwajibkan untuk memakai baju kebaya ini.

Sampai pada akhirnya kebaya mengalami perkembangan yang pesat. Banyak perempuan yang merasa lebih cantik dengan memakai kebaya. Hal ini menyebabkan para desainer berfikir bagaimana cara untuk mempertahankan eksistensi dari sebuah kebaya. Sehingga pada saat ini kita telah menjumpai banyak sekali model kebaya dengan berbagai motif dan hiasan yang menempel di setiap sisinya. Kebaya semakin terlihat indah dan menarik. Bahkan menjadi pakaian wajib yang dikenakan saat menghadiri suatu acara misalnya pernikahan dan bahkan pameran busana yang kini banyak diadakan di berbagai kota. Demikian artikel tentang asal usul baju kebaya tradisional. Silahkan dibaca juga artikel kami sebelumnya tentang Arti Mimpi Memakai Baju Kebaya.






0 komentar:

Posting Komentar