Breaking News
Loading...
Kamis, 09 Oktober 2014

Baju Kebaya Bandung

Baju kebaya Bandung - Kali ini ModelBajuKebaya akan menceritakn tentang baju kebaya daerah bandung atau sunda pada umumnya. Baju Kebaya Bandung ini juga tentunya memiliki cirri khas tersendiri yang membedakan dengan daerah lainnya. Berbicara tentang fashion khususnya baju kebaya kita akan teringat akan pakaian tradisional sebagaia pakaian adat yang mana tiap-tiap daerah pasti mempunyai ciri khas tersendiri, hal ini tidak lain dikarenakan sangat dipengaruhi oleh kultur dan karakteristik penduduk setempat yang berbeda-beda. Sehingga hal ini juga mempengaruhi serta menginspirasi kepada para desainer baju kebaya untuk selalu mengembangkan model baju kebaya sehingga baju kebaya yang pada  awalnya model-modelnya maupun motifnya  masih sangat tradisional berkembang menjadi baju kebaya modern. Yang mana model-model baju kebayanya menjadi lebih menarik, bagus dan cantik. Untuk bahasan kali ini akan saya bahas baju kebaya Bandung. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai pakaian adat Jawa Barat untuk pria dan wanita yang telah dibedakan sebagai berkut ini : 

Baju Kebaya Bandung
Baju Kebaya Bandung


Kebaya Bandung
Baju Kebaya Bandung

1. Untuk kebaya pria : Biasanya dengan ciri khasnya yakni terdiri dari baju jas dengan bentuk kerah yang menutupi leher yang mana orang-orang biasa menyebutnya dengan jas takwa. Sebagai hiasan jas takwa disematkan rantai kuku macan atau jam rantai sebagai hiasannya. Sedangkan untuk kain batiknya biasanya lebih dikenal dengan sebutan kain dodot dengan bentuk motif bebas. Sedangkan untuk celana panjangnya sama warnanya dengan bagian atas atau sewarna dengan jas takwanya.Kemudian meggunakan penutup kepala (bendo), juga dikenakan kalung. Dan yang terakhir sebilah keris yang terselip di bagian belakang pinggangnya serta menggunakan alas kaki atau selop. 


Baju Kebaya Bandung
Baju Kebaya Bandung

Baju Kebaya Bandung
Baju Kebaya Bandung


2.  Untuk kebaya wanita : Untuk  baju kebaya wanita biasanya bermotif polos dengan hiasan berupa sulam atau bisa juga manik-manik. Sedangkan untuk kain batiknya dikenal dengan sebutan kain kebat dilepe. Aksesoris lainnya yaitu ikat pinggang, yang disebut beubeur yang berfungsi mengencangkan kain batiknya (kebat dilepe). Selanjutnya untuk selendangnya berfungsi sebagai pemanis yang disebut dengan karembong. Untuk tambahan aksesoris biasanya juga digunakan beberapa hiasan kembang goyang yang menghiasi bagian atas kepalanya juga rangkaian bunga melati yang menghiasi bagian sanggul rambutnya, menggunakan kalung dan alas kaki atau slop yang sewarna dengan warna baju kebayanya.


Demikian uraian singkat baju kebaya Bandung. Silahkan baca juga artikel kami sebelumnya tentang Baju Kebaya Budak 2014

0 komentar:

Posting Komentar