Breaking News
Loading...
Senin, 06 Oktober 2014

Apa Itu Baju Kebaya?

Apa Itu Baju Kebaya? – Pembaca semua, kali ini ModelBajuKebaya akan ketengahkan artikel tentang apa sih itu baju kebaya. Dari sekian banyak model baju yang kita jumpai disetiap sudut took baju, mungkin dari anda ada yang menemukan salah satu jenis baju tradisional ini. mereka sering kita kenal sebagai kebaya. Jika anda telusuri lebih lanjut mungkin akan terlintas dalam benak anda. Apa itu baju Kebaya? Nah, jika anda ingin mengetahui  lebih jelasnya mengenai baju kebaya, anda dapat menyimak uraian berikut ini.

Baju Kebaya
Apa Itu Baju Kebaya

Asal Usul Kebaya. Secara umum, baju kebaya yang kita kenal adalah pakaian khas atau pakaian tradisional yang dipakai oleh perempuan-perempuan di Indonesia. Bahkan kebaya ini juga dipakai oleh perempuan luar negeri dengan corak dan motif yang berbeda, sesuai dengan daerah dan ikon negara masing-masing. Berikut ini ialah uraian tentang asal kebaya yang pernah disampaikan oleh beberapa pakar sejarah.

Apa Itu Baju Kebaya?
Apa Itu Baju Kebaya?

Salah satu pakar sejarah mengatakan bahwa kebaya berasal dari negara Arab. Mereka memaknai demikian dengan membaca arti kebaya secara bahasa yang dalam bahasa Arabnya ialah Kaba. Diduga model baju kebaya ini dibawa oleh pedangang-pedangang Arab yang singgah di Indonesia pada masa penyebaran agama Islam. Islam yang sangat menghargai perempuan, sangat sensitif terhadap masalah seksual, sehingga berusaha membenahi budaya ini dengan mengubah pandangan terutama dalam masalah berpakaian.

Apa Itu Baju Kebaya?
Apa Itu Baju Kebaya?

Namun, ada pendapat lain yang memberikan keterangan bahwa kebaya merupakan pakaian panjang yang dipakai pada zaman Dinasti Ming dari Tiongkok. Karena wilayah Indonesia dengan China atau Tiongkok yang tidak terlalu jauh maka gaya dan model baju kebaya ini akhirnya menyebar juga sampai ke wilayah Indonesia. Sampai saat ini baju kebaya masih digemari oleh kaum perempuan. Apalagi dengan desainnya yang semakin kreatif dan variatif. Hal tersebut semakin menambah keindahan kebaya tanpa harus menghilangkan ciri khas sebagai baju kebaya. Pada zaman dahulu, kebaya yang hanya terbuat dari bahan organdi kini semakin kaya dengan kain jenis lain seperti brokat dan hiasannya yang berwarna warni. Sehingga pemakainya pun tidak hanya terbatas pada orang tua saja, bahkan remaja dan anak-anakpun dapat memakai baju kebaya. Demikian artikel tentang Apa Itu Baju Kebaya?.

Silahkan baca juga artikel tentang Asal Baju Kebaya.




0 komentar:

Posting Komentar