Breaking News
Loading...
Senin, 06 Oktober 2014

Asal Baju Kebaya

Asal Baju Kebaya – Pembaca ModelBajuKebaya yang kami cintai, kali ini kami akan bercerita tentang asal baju kebaya. Baiklah silahkan lanjutkan membacanya, ya. Berbicara tentang asal baju kebaya, kita dapat melihat dari berbagai versi sejarah. Secara umum, baju kebaya yang kita kenal adalah pakaian khas atau pakaian tradisional yang dipakai oleh perempuan-perempuan di Indonesia. Bahkan kebaya ini juga dipakai oleh perempuan luar negeri dengan corak dan motif yang berbeda, sesuai dengan daerah dan ikon negara masing-masing. Berikut ini ialah uraian tentang asal kebaya yang pernah disampaikan oleh beberapa pakar sejarah. 

Asal Baju Kebaya
Asal Baju Kebaya

Salah satu pakar sejarah mengatakan bahwa kebaya berasal dari negara Arab. Mereka memaknai demikian dengan membaca arti kebaya secara bahasa yang dalam bahasa Arabnya ialah Abaya. Diduga model baju kebaya ini dibawa oleh pedangang-pedangang Arab yang singgah di Indonesia pada masa penyebaran agama Islam. Islam yang sangat menghargai perempuan, sangat sensitif terhadap masalah seksual, sehingga berusaha membenahi budaya ini dengan mengubah pandangan terutama dalam masalah berpakaian.

Asal Baju Kebaya
Asal Baju Kebaya

Masyarakat dianjurkan untuk lebih memperhatikan cara berbusana. Diupayakan agar lebih tertutup serta ditambah dengan jilbab atau kerudung yang menutupi bagian kepala. Dengan budaya yang telah ada di Indonesia selama berabad-abad lamanya, model baru dari pakaian kebaya ini tidak dapat diterima begitu saja oleh masyarakat Indonesia. Membutuhkan waktu yang cukup lama sampai masyarakat setempat dapat menerima kehadiran baju kebaya di dunia fashion yang hadir di tengah-tengah mereka.
Menurut seorang sejarawan yang bernama S. N Sastroningrat, kata kebaya berasal dari India Selatan. Di India Selatan, ada sebuah kota yang bernama Cambaia. Kota Cambaia adalah kota tekstil yang terkenal pada pertengahan abad. Produk yang dihasilkan bermacam-macam dan salah satunya ialah kain muslim. Kain muslim ini tidak membuat badan terasa panas bila digunakan. Sehingga terasa nyaman digunakan pada acara-acara yang membutuhkan waktu lama untuk memakaianya. Dari kualifikasi yang dimiliki oleh kain muslim tersebut, akhirnya dibuatlah kebaya dari kain muslim tersebut. Dari nama kota Cambaia tersebut, akhirnya produk ini dinamakan dengan nama yang sama yang akhirnya jadilah nama Kebaya. Demikian artikel tentang asal baju kebaya. Silahkan baca juga artikel tentang Asal-Usul Baju Kebaya Tradisional.


0 komentar:

Posting Komentar